MODUL PEMBELAJARAN BERBASIS TIK (PembaTIK)
LEVEL I LITERASI
Modul
1 Pengenalan Perangkat TIK Dasar
Kegiatan Belajar 1 Pengenalan
Perangkat Keras Komputer
Kegiatan Belajar 2 Penggunaan Perangkat Lunak Untuk Pembelajaran
Modul 2 Internet
Sehat, Bijak, dan Aman
Kegiatan Belajar 1 Etika Berinternet
Kegiatan Belajar 2 Hak Cipta di Era
Digital
Kegiatan Belajar 3: Keamanan Berinternet
MODUL 3 INTERNET UNTUK PEMBELAJARAN
Kegiatan Belajar 1 : Literasi
Informasi
Kegiatan Belajar 2 : Peramban
dan Laman
Kegiatan Belajar 3 :
Aktifitas Berinternet
Kegiatan Belajar 4 : Internet
Dilingkungan Sekolah
Modul 4 Aplikasi Pembelajaran Terbuka
KEGIATAN
BELAJAR 1
FITUR-FITUR
UTAMA DI RUMAH BELAJAR
A.
Fitur-fitur Utama di Rumah Belajar
B.
Bagaimana Memanfaatkan fitur-fitur utama Rumah Belajar?
KEGIATAN
BELAJAR 2
FITUR-FITUR
PENDUKUNG DI RUMAH BELAJAR
Fitur-fitur
Pendukung di Rumah Belajar
KEGIATAN
BELAJAR 3
SUMBER
BELAJAR LAINNYA
MODUL PEMBELAJARAN BERBASIS TIK (PembaTIK)
LEVEL 2 IMPLEMENTASI
MODUL 5 PENERAPAN PEMBELAJARAN ABAD 21 MEMANFAATKAN RUMAH BELAJAR
KEGIATAN BELAJAR 1 PEMBELAJARAN ABAD 21
A. Kecakapan Pembelajaran Abad 21
B. Karakteristik Pembelajaran Abad 21
KEGIATAN BELAJAR 2 RUMAH BELAJAR UNTUK MENINGKATKAN
KECAKAPAN PEMBELAJARAN ABAD 21
A. Fitur-fitur Rumah Belajar yang Sesuai dengan Kecakapan Pembelajaran Abad 21
B. Pembelajaran Abad 21 dengan Memanfaatkan Rumah Belajar
MODUL 6 PENERAPAN PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN FITUR-FITUR RUMAH BELAJAR
Kegiatan Belajar 1 Fitur Sumber Belajar
A. Pengenalan Sumber Belajar;
B. Cara Membuka dan Mengakses Fitur Sumber Belajar;
C. Cara Mengunduh Konten Fitur Sumber Belajar secara Offline;
D. Cara Membuat Konten Baru pada Fitur Sumber Belajar;
E. Cara Berbagi Konten di Fitur Sumber Belajar; dan
F. Perencanaan Strategi Penerapan Fitur Sumber Belajar dalam Proses Pembelajaran.
Kegiatan Belajar 2 Fitur Kelas Maya
A. Kelas Maya pada Rumah Belajar
B. Alur Pemanfaatan Kelas Maya Sebagai Penyelenggara (Sekolah)
C. Alur Pemanfaatan Kelas Maya Sebagai Guru
D. Alur Pemanfaatan Kelas Maya Sebagai Siswa
Kegiatan Belajar 3 : Fitur Bank Soal
A. Soal dengan Beragam Bentuk yang Tersedia di Fitur Bank Soal
B. Evaluasi dengan Beragam Jenis yang Tersedia di Fitur Bank Soal
C. Laporan yang Tersedia di Fitur Bank Soal
Kegiatan Belajar 4 : Fitur Laboratorium Maya
A. Pengelolaan Laboratorium Maya pada Tahap Persiapan
B. Pengelolaan Laboratorium Maya pada Tahap Pelaksanaan
C. Pengelolaan Laboratorium Maya pada Tahap Evaluasi dan Tindak Lanjut
D. Pemanfaatan Laboratorium Maya untuk Pembelajaran
MODUL 7 PEMANFAATAN MEDIA TV EDUKASI, RADIO SUARA EDUKASI DAN M-EDUKASI DALAM MEDIA PEMBELAJARAN
Kegiatan Belajar 1
Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) Dalam Pembelajaran
Kegiatan Belajar 2
Pengenalan Fitur-Fitur Aplikasi TV Edukasi, Suara Edukasi, dan M-Edukasi
Kegiatan Belajar 3
Pemanfataan Media TV Edukasi, Suara Edukasi, dan M-Edukasi Dalam Pembelajaran
MODUL 8 PENGELOLAAN KELAS YANG MENGINTEGRASIKAN TIK DALAM LINGKUNGAN BELAJAR
KEGIATAN BELAJAR 1: LINGKUNGAN BELAJAR YANG MENGINTEGRASIKAN TIK
A. Lingkungan Belajar yang Mengintegrasikan TIK
B. Potensi Laboratorium Komputer sebagai Salah Satu Lingkungan Belajar
C. Pola Pemanfaatan TIK dalam Pembelajaran
KEGIATAN BELAJAR 2: PENGELOLAAN KELAS UNTUK PEMBELAJARAN KOLABORATIF
A. Pendekatan dalam Pengelolaan Kelas
B. Pengelolaan Lab Komputer dalam Pembelajaran
C. Kolaborasi dalam Pembelajaran Terintegrasi TIK
MODUL PEMBELAJARAN BERBASIS TIK
(PembaTIK)
LEVEL 3 KREASI
MODUL 9 MEDIA PEMBELAJARAN BERTEKNOLOGI
DIGITAL
Kegiatan Belajar 1: Menyiapkan
Pembelajaran dengan Media Berteknologi Digital
Kegiatan Belajar 2: Jenis
Media Pembelajaran Berteknologi Digital
Kegiatan Belajar 3:
Menerapkan Pembelajaran dengan Media Berteknologi Digital
MODUL
10 PEMBUATAN MEDIA VIDEO PEMBELAJARAN
KEGIATAN BELAJAR 1 : VIDEO PEMBELAJARAN
A.
Pengertian video pembelajaran
B.
Karakteristik Media Video Pembelajaran
KEGIATAN BELAJAR 2 : MERANCANG VIDEO PEMBELAJARAN
A.
Menentukan Ide/ Eksplorasi Gagasan
B. Analisis Kebutuhan
C. Perancangan Video Pembelajaran
KEGIATAN BELAJAR 3 :
PRODUKSI VIDEO PEMBELAJARAN
A. Tahapan Produksi Video Pembelajaran
B. Produksi Video Pembelajaran
C. Peralatan Produksi Video Pembelajaran
KEGIATAN BELAJAR 4 :
PASCA PRODUKSI VIDEO PEMBELAJARAN
A. Tahapan Pasca Produksi Video Pembelajaran
B. Aplikasi Editing Video Pembelajaran
MODUL 11 PEMBUATAN
MULTI MEDIA INTERAKTIF
KEGIATAN BELAJAR
1 MEMBUAT
PROJECT BARU (Pada Menu Player)
Mengatur ukuran tampilan
Mengatur player dan Bahasa
Mengatur Warna Player
Mengatur Jenis Font pada
Player
Mengatur Bahasa
Mengatur Browser
KEGIATAN BELAJAR
2 MEMBUAT
TAMPILAN OPENING
Mengubah Nama Slide
Menambahkan Slide
Menyisipkan gambar logo
Menambahkan teks institusi
Memberi animasi pada tampilan
images dan Teks
Menjalankan /Mempreview Bahan
Ajar
Menambahkan Trigger
KEGIATAN BELAJAR
3 MENYISIPKAN
TEKS, GAMBAR, AUDIO, VIDEO, DAN ANIMASI UNTUK ISI URAIAN MATERI
Menyisipkan Suara/Audio
Menyisipkan Video
Menyisipkan Character
Membuat Materi Interaktif Dengan
Hotspot
Membuat Materi Interaktif Dengan
Marker
Mengatur warna Marker
KEGIATAN BELAJAR
4 MEMBUAT
LATIHAN INTERAKTIF
Menambahkan slide untuk soal
Mengetikkan soal pilihan
ganda
Mengatur acak opsi jawaban
Mengatur kesempatan Menjawab
Mengatur acak opsi jawaban
Melihat bentuk tampilan soal
Mempreview soal Latihan
Menambahkan Soal
Membuat Soal Isian Pendek
Membuat halaman untuk menampilkan
hasil latihan
KEGIATAN BELAJAR
5 MEMPUBLISH HASIL
Mempubilsh ke HTML5
Berbagi file bahan
pembelajaran
MODUL 12 INOVASI
PEMBELAJARAN YANG MENGINTEGRASIKAN
KEGIATAN
BELAJAR 01
PENTINGNYA
INOVASI PEMBELAJARAN DAN TIK
A. Konsep Inovasi
Pembelajaran
B. Pentingnya TIK
dalam Inovasi Pembelajaran
1. Konsep
Pembelajaran Inovatif berbasis TIK
2. Nilai Penting
Inovasi dalam Pembelajaran
3. Konsep Integrasi
TIK dalam Pembelajaran
C. Ragam Pilihan
Inovasi dalam Pembelajaran
1. Inovasi pada
Sekolah yang Tidak Memiliki Sambungan Internet
2. Inovasi pada
Sekolah yang Memiliki Sambungan Internet Terbatas
3. Inovasi pada
Sekolah yang Memiliki Sambungan Internet Melimpah
KEGIATAN
BELAJAR 02 INOVASI PEMBELAJARAN YANG
MENGINTEGRASIKAN TIK
A. Langkah-langkah
Inovasi dalam Pembelajaran
1. Identifikasi
Masalah dan Analisis Kebutuhan
2. Penyusunan
Rancangan Inovasi
3. Pengembangan
Rancangan Inovasi
4. Pelaksanaan Uji
Coba
5. Pengendalian dan
Perbaikan
6. Implementasi
7. Evaluasi
B. Inovasi
Pembelajaran yang Mengintegrasikan TIK
a. Metode
Pengintegrasian TIK dalam Pembelajaran
b. Model Pembelajaran
Inovatif