MODUL PEMBELAJARAN BERBASIS TIK (PembaTIK)

LEVEL I LITERASI


Modul 1 Pengenalan Perangkat TIK Dasar

Kegiatan Belajar 1 Pengenalan Perangkat Keras Komputer 

Kegiatan Belajar 2 Penggunaan Perangkat Lunak Untuk Pembelajaran

Modul 2 Internet Sehat, Bijak, dan Aman

Kegiatan Belajar 1 Etika Berinternet

Kegiatan Belajar 2 Hak Cipta di Era Digital

Kegiatan Belajar 3: Keamanan Berinternet


MODUL 3 INTERNET UNTUK PEMBELAJARAN

Kegiatan Belajar 1 : Literasi Informasi

Kegiatan Belajar 2 : Peramban dan Laman

Kegiatan Belajar 3 :  Aktifitas Berinternet

Kegiatan Belajar 4 : Internet Dilingkungan Sekolah


Modul 4 Aplikasi Pembelajaran Terbuka

KEGIATAN BELAJAR 1  

FITUR-FITUR UTAMA DI RUMAH BELAJAR 

A. Fitur-fitur Utama di Rumah Belajar  

B. Bagaimana Memanfaatkan fitur-fitur utama Rumah Belajar?  

KEGIATAN BELAJAR 2  

FITUR-FITUR PENDUKUNG DI RUMAH BELAJAR  

Fitur-fitur Pendukung di Rumah Belajar  

KEGIATAN BELAJAR 3 

SUMBER BELAJAR LAINNYA 

MODUL PEMBELAJARAN BERBASIS TIK (PembaTIK)

LEVEL 2 IMPLEMENTASI

 

MODUL 5 PENERAPAN PEMBELAJARAN ABAD 21 MEMANFAATKAN RUMAH BELAJAR

KEGIATAN BELAJAR 1 PEMBELAJARAN ABAD 21 

A. Kecakapan Pembelajaran Abad 21 

B. Karakteristik Pembelajaran Abad 21

KEGIATAN BELAJAR 2 RUMAH BELAJAR UNTUK MENINGKATKAN

KECAKAPAN PEMBELAJARAN ABAD 21  

A. Fitur-fitur Rumah Belajar yang Sesuai dengan Kecakapan Pembelajaran Abad 21  

B. Pembelajaran Abad 21 dengan Memanfaatkan Rumah Belajar 

 

MODUL 6 PENERAPAN PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN FITUR-FITUR RUMAH BELAJAR

Kegiatan Belajar 1 Fitur Sumber Belajar

A. Pengenalan Sumber Belajar;

B. Cara Membuka dan Mengakses Fitur Sumber Belajar;

C. Cara Mengunduh Konten Fitur Sumber Belajar secara Offline;

D. Cara Membuat Konten Baru pada Fitur Sumber Belajar;

E. Cara Berbagi Konten di Fitur Sumber Belajar; dan

F. Perencanaan Strategi Penerapan Fitur Sumber Belajar dalam Proses Pembelajaran.

Kegiatan Belajar 2 Fitur Kelas Maya

A. Kelas Maya pada Rumah Belajar

B. Alur Pemanfaatan Kelas Maya Sebagai Penyelenggara (Sekolah)

C. Alur Pemanfaatan Kelas Maya Sebagai Guru

D. Alur Pemanfaatan Kelas Maya Sebagai Siswa

Kegiatan Belajar 3 : Fitur Bank Soal

A. Soal dengan Beragam Bentuk yang Tersedia di Fitur Bank Soal

B. Evaluasi dengan Beragam Jenis yang Tersedia di Fitur Bank Soal

C. Laporan yang Tersedia di Fitur Bank Soal

Kegiatan Belajar 4 : Fitur Laboratorium Maya

A. Pengelolaan Laboratorium Maya pada Tahap Persiapan

B. Pengelolaan Laboratorium Maya pada Tahap Pelaksanaan

C. Pengelolaan Laboratorium Maya pada Tahap Evaluasi dan Tindak Lanjut

D. Pemanfaatan Laboratorium Maya untuk Pembelajaran

 

MODUL 7 PEMANFAATAN MEDIA TV EDUKASI, RADIO SUARA EDUKASI DAN M-EDUKASI DALAM MEDIA PEMBELAJARAN

Kegiatan Belajar 1

Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) Dalam Pembelajaran 

Kegiatan Belajar 2

Pengenalan Fitur-Fitur Aplikasi TV Edukasi, Suara Edukasi, dan M-Edukasi 

Kegiatan Belajar 3

Pemanfataan Media TV Edukasi, Suara Edukasi, dan M-Edukasi Dalam Pembelajaran 

 

MODUL 8 PENGELOLAAN KELAS YANG MENGINTEGRASIKAN TIK DALAM LINGKUNGAN BELAJAR

KEGIATAN BELAJAR 1: LINGKUNGAN BELAJAR YANG MENGINTEGRASIKAN TIK

A. Lingkungan Belajar yang Mengintegrasikan TIK

B. Potensi Laboratorium Komputer sebagai Salah Satu Lingkungan Belajar

C. Pola Pemanfaatan TIK dalam Pembelajaran

KEGIATAN BELAJAR 2: PENGELOLAAN KELAS UNTUK PEMBELAJARAN KOLABORATIF

A. Pendekatan dalam Pengelolaan Kelas

B. Pengelolaan Lab Komputer dalam Pembelajaran

C. Kolaborasi dalam Pembelajaran Terintegrasi TIK








MODUL PEMBELAJARAN BERBASIS TIK (PembaTIK)

LEVEL 3 KREASI

 

MODUL 9 MEDIA PEMBELAJARAN BERTEKNOLOGI DIGITAL

Kegiatan Belajar 1: Menyiapkan Pembelajaran dengan Media Berteknologi Digital   

Kegiatan Belajar 2: Jenis Media Pembelajaran Berteknologi Digital   

Kegiatan Belajar 3: Menerapkan Pembelajaran dengan Media Berteknologi Digital   


MODUL 10 PEMBUATAN MEDIA VIDEO PEMBELAJARAN

KEGIATAN BELAJAR 1 : VIDEO PEMBELAJARAN   

                        A. Pengertian video pembelajaran  

                        B. Karakteristik Media Video Pembelajaran   

KEGIATAN BELAJAR 2 : MERANCANG VIDEO PEMBELAJARAN   

                        A. Menentukan Ide/ Eksplorasi Gagasan   

                        B. Analisis Kebutuhan  

                        C. Perancangan Video Pembelajaran  

KEGIATAN BELAJAR 3 : PRODUKSI VIDEO PEMBELAJARAN  

                        A. Tahapan Produksi Video Pembelajaran  

                        B. Produksi Video Pembelajaran  

                        C. Peralatan Produksi Video Pembelajaran  

KEGIATAN BELAJAR 4 : PASCA PRODUKSI VIDEO PEMBELAJARAN  

                        A. Tahapan Pasca Produksi Video Pembelajaran  

                        B. Aplikasi Editing Video Pembelajaran 


MODUL 11 PEMBUATAN MULTI MEDIA INTERAKTIF

KEGIATAN BELAJAR 1 MEMBUAT PROJECT BARU (Pada Menu Player) 

Mengatur ukuran tampilan 

Mengatur player dan Bahasa 

Mengatur Warna Player 

Mengatur Jenis Font pada Player 

Mengatur Bahasa 

Mengatur Browser

KEGIATAN BELAJAR 2 MEMBUAT TAMPILAN OPENING

Mengubah Nama Slide 

Menambahkan Slide 

Menyisipkan gambar logo 

Menambahkan teks institusi 

Memberi animasi pada tampilan images dan Teks 

Menjalankan /Mempreview Bahan Ajar 

Menambahkan Trigger 

KEGIATAN BELAJAR 3 MENYISIPKAN TEKS, GAMBAR, AUDIO, VIDEO, DAN ANIMASI UNTUK ISI URAIAN MATERI 

Menyisipkan Suara/Audio 

Menyisipkan Video 

Menyisipkan Character 

Membuat Materi Interaktif Dengan Hotspot 

Membuat Materi Interaktif Dengan Marker 

Mengatur warna Marker 

KEGIATAN BELAJAR 4 MEMBUAT LATIHAN INTERAKTIF

Menambahkan slide untuk soal 

Mengetikkan soal pilihan ganda 

Mengatur acak opsi jawaban 

Mengatur kesempatan Menjawab 

Mengatur acak opsi jawaban 

Melihat bentuk tampilan soal 

Mempreview soal Latihan 

Menambahkan Soal 

Membuat Soal Isian Pendek 

Membuat halaman untuk menampilkan hasil latihan

KEGIATAN BELAJAR 5  MEMPUBLISH HASIL 

Mempubilsh ke HTML5

Berbagi file bahan pembelajaran 

 

MODUL 12 INOVASI PEMBELAJARAN YANG MENGINTEGRASIKAN

KEGIATAN BELAJAR 01 

PENTINGNYA INOVASI PEMBELAJARAN DAN TIK   

A. Konsep Inovasi Pembelajaran  

B. Pentingnya TIK dalam Inovasi Pembelajaran 

1. Konsep Pembelajaran Inovatif berbasis TIK  

2. Nilai Penting Inovasi dalam Pembelajaran  

3. Konsep Integrasi TIK dalam Pembelajaran 

C. Ragam Pilihan Inovasi dalam Pembelajaran  

1. Inovasi pada Sekolah yang Tidak Memiliki Sambungan Internet 

2. Inovasi pada Sekolah yang Memiliki Sambungan Internet Terbatas  

3. Inovasi pada Sekolah yang Memiliki Sambungan Internet Melimpah  

KEGIATAN BELAJAR 02  INOVASI PEMBELAJARAN YANG MENGINTEGRASIKAN TIK 

A. Langkah-langkah Inovasi dalam Pembelajaran  

1. Identifikasi Masalah dan Analisis Kebutuhan 

2. Penyusunan Rancangan Inovasi  

3. Pengembangan Rancangan Inovasi  

4. Pelaksanaan Uji Coba  

5. Pengendalian dan Perbaikan  

6. Implementasi  

7. Evaluasi 

B. Inovasi Pembelajaran yang Mengintegrasikan TIK   

a. Metode Pengintegrasian TIK dalam Pembelajaran   

b. Model Pembelajaran Inovatif